Tempat Snorkeling di Bali

Tempat Snorkeling di Bali
Categories: wisata.
Tags: Snorkeling and Wisata Laut.

Tempat Snorkeling di Bali. Bila ingin menikmati surganya alam bawah laut Bali, ini dia tempat keren untuk snorkeling.  Dengan keragamanan biota lautnya, Bali memiliki banyak tempat pilihan yang bisa di tuju untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Berikut ini Tempat Terbaik Snorkeling di Bali:

1. Blue Lagoon, Karangasem
Blue Lagoon terletak di Padangbai, bagian timur pulau Bali. Blue Lagoon selain menawarkan pemandangan bawah laut yang menarik, juga memiliki air yang sangat tenang sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan penyelaman dangkal — snorkeling– untuk keluarga ataupun snorkelers pemula. Beberapa spesies yang bisa ditemukan di pantai ini adalah murray, kura-kura, dan morish idol.

2. Amed, Karangasem
Amed salah satuobyek wisata bahari dalam pengembangan kawasan pariwisata Tulamben. Terletak di Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, berjarak sekitar 19 km dari Kota Amlapura. Daya tarik Amed sebagai salah satu spot menarik untuk melakukan snorkeling adalah terumbu karang yang indah dan pemandangan yang asri.

Disini Anda akan bisa menemukan Black Snapper, Triggerfish, Unicorn Fish, Parrot Fish, Surgeon Fish, Damselfish, Cardinalfish, Dogtoooth Tuna, serta Hiu Karang Ekor Putih tergantung dari kedalaman melakukan penyelaman. Dikawasan Tanjung Jemeluk, Tanjung Vienna dan Pantai Bunutan Anda bisa menemukan soft coral. Selain itu di laut Amed Anda juga akan melihat reruntuhan kapal (ship wreck) Jepang.

3. Tulamben, Karangasem
Objek Wisata Tulamben terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, tepatnya di bagian utara Kabupaten Karangasem.

Dengan arus tenang dan kondisi air yang jernih sepanjang tahun, menjadi salah satu alasan wisatawan menyebut Tulamben sebagai salah satu spot terbaik snorkeling di Bali untuk keluarga maupun snorkeler pemula. Pada kedalaman 30 meter di bawah laut wisawatan dapat melihat bukti keperkasaan kapal US Liberty yang akhirnya hancur diterjang torpedo kapal selam Jepang pada tanggal 11 Januari 1942. Diperkirakan ada sekitar 400 spesies ikan karang mendiami kapal karam tersebut dan dikunjungi sekitar 100 spesies ikan laut lepas ( pelagic).

Spesies yang bisa ditemukan disini yakni; jenis ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaf fish, garden eel, lion fish, harlequin shrimp, dan jenis lain. Sekumpulan besar jack fish yang berjumlah hingga ratusan ekor kerap menyapa ramah para snorkeler.

4. Nusa Penida, Klungkung
Pulau Nusa Penida dan gugusan pulau kecil di sekitarnya, Lembongan dan Cenigan adalah merupakan bagian dari kabupaten Klungkung. Pantai berpasir putih serta air yang masih jernih memberi daya tarik tersendiri. Disini wisatawan dapat menemukan spot untuk snorkeling seperti Manta Point, Crystal Bay (Penida), dan Toya Pakeh.

Salah satu cara untuk mencapai pulau ini adalah dengan menumpang perahu dari Sanur dengan menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit. Di Nusa Penida Anda akan menemukan hard coral maupun soft coral serta jenis ikan seperti Barracuda, Napoleon, Angelfish, Clownish dan Moray Eels.

5. Nusa Lembongan, Klungkung
Laut Nusa Lembangon kaya dengan aneka terumbu karang dan beragam spesies biota laut. Sama dengan Nusa penida, pantai ini juga berpasir putih dan air laut yang jernih. Dengan keindahan laut yang dimiliki, baik wisatawan lokal maupun mancanegara kebanyakan akan sepakat bila Nusa Lembongan masuk dalam salah satu tempat terbaik untuk snorkeling di Bali.

6. Pemuteran, Singaraja
Berlokasi di utara pulau Bali, tepatnya di kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, Indonesia. Disini wisatawan bisa melihat penangkaran coral sebagai upaya pemulihan atas rusaknya coral karena serbuan parasit. Waktu terbaik untuk melakukan penyelaman dangkal di kawasan ini adalah pagi hari, karena pada siang hari biasanya air akan menjadi keruh. Spesies yang bisa ditemukan yaitu; lion fish, anemone, lobster, dan table corals.

7. Pulau Menjangan, Singaraja
Pulau Menjangan merupakan bagian dari Buleleng bagian barat, tepatnya kecamatan Gerokgak. Pulau Menjangan Bali memiliki pantai indah berpasir putih. Di tebing pinggir pantai terdapat gua-gua kelelawar yang bisa menjadi pemandangan menarik lainnya. Daerah ini kaya dengan plankton, dan berbagai ikan dan makhluk bawah laut lainnya.

Di pantai ini Anda bisa menemukan teripang, ikan badut, anenome, gorgonian table, coral garden, eel, lion fish, bahkan murray adalah beberapa biota yang bisa kita temui di kedalaman antara 3-10 meter, bintang laut dan bulu babi berada di dasar laut. Gorgonia adalah salah satu pemandangan yang menarik di lokasi penyelaman ini.

0
0
0
0
0
0
0
0

0 Comments

Leave A Reply